Minggu, 24 April 2011

KESEHATAN

Tujuan produsen susu China mencampur produk susunya dengan melamin adalah ingin menjadikan seolah kandungan protein susunya tinggi, sehingga berhasil lolos dari otoritas pengawas dan pengujian makanan negara China. Jadi susu yang dicampur dengan melamin, tingginya protein susu adalah semu alias palsu ! Namun akibatnya tidak tanggung-tanggung, sekurangnya 4 bayi meninggal dunia dan dilansir telah menyebabkan 54.000 bayi sakit akibat mengkonsumsi susu yang telah dicemari oleh sang produsen.
Tubuh bayi yang menerima asupan melamin yang bertubi-tubi, dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang akhirnya akan mengakibatkan gagal ginjal yang bisa mematikan. Sebenarnya kasus yang mirip pernah juga terjadi secara luas pada binatang di China, pencampuran melamin ke dalam makanan hewan di China mengakibatkan ratusan anjing dan kucing mati serta ribuan lainnya menderita penyakit gagal ginjal.
Apa itu melamin ?
Melamin yang dipermasalahkan itu adalah senyawa organik bersifat basa dengan rumus C3H6N6, kandungan nitroginnya sampai 66 persen, biasanya didapat sebagai kristal putih. Melamin biasanya digunakan untuk membuat plastik, lem, dan pupuk.
Plastik dari melamin, karena sifatnya tahan panas, banyak digunakan untuk perkakas dapur. Jadi melamin yang kini diributkan bukanlah plastik melamin. Melamin yang dipermasalahkan itu adalah melamin sebagai bahan dasar plastik melamin.
-((Sumber dipetik sebagian dari : Harian Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar