Rabu, 04 September 2013

Inilah Mengapa Ibu Hamil Sering Merasa Panas dan Berkeringat


hamilSuatu pemandangan yang biasa apabila melihat seorang ibu hamil mempunyai wajah yang kemerah-merahan dan selalu berkipas. Walaupun orang di sekitarnya merasa nyaman-nyaman saja, tetapi ibu yang tengah mengandung selalu merasa panas dan kegerahan. Ketika tidur pun sulit merasa nyaman, selain karena perut yang membesar, ketidaknyamanan saat tidur juga karena hawa panas tersebut.
Dr. Ariza Mohamed dalam bukunya berjudul Tanya Jawab Calon Ibu menjelaskan bahwa keadaan panas dan seringnya ibu hamil berkeringat disebabkan karena banyaknya hormon yang dihasilkan ketika seorang ibu tengah mengandung. Diantaranya adalah hormon progesteron yang bersifat thermogenik, yaitu menghasilkan hawa panas.
Selain itu, lanjutnya, metabolisme tubuh ibu mengandung juga meningkat demikian pula saluran darah ikut pula membesar dan mengembang. Kedua-duanya akan menghasilkan hawa panas pada tubuh, menyebabkan sering berkeringat dan pipi menjadi kemerah-merahan.
Untuk mengurangi rasa panas dan gerah tersebut, ibu hamil dapat menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Pakailah pakaian yang menyerap keringat dan membalikkan hawa panas, misal yang berbahan katun dan berwarna cerah. Juga jika sang suami peka, ia dapat membelikan air conditioner (AC) untuk kamar tidur sang istri. Hal ini tentu akan membuat istri yang tengah hamil tersenyum gembira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar